Rabu, 15 April 2020

TRIK MENULIS DALAM WAKTU SEMINGGU



BAGAIMANA MUNGKIN MENULIS BUKU DALAM WAKTU SEMINGGU?

Hari/Tanggal: Senin, 13 April 2020
Narasumber:Prof. Richardus Eko Indrajit

Tanggal 13 April 2020, saya dan teman-teman yang tergabung dalam  Belajar Menulis Gelombang 4  belajar bersama seorang tokoh hebat yang multi talenta. Beliau adalah Prof. Richardus Eko Indrajit yang lebih sering disapa Richard. Beliau merupakan seorang tokoh teknologi informasi, penulis, serta tokoh pendidikan. Mengapa beliau menjadi narasumber pada kegiatan belajar kali ini.Karena beliau memiliki banyak pengalaman dalam menulis buku dan dapat dijadikan sebagai inspirasi kita untuk menerbitkan buku dan mengikuti jejak langkahnya.
Dalam perkuliahan malam ini kita banyak sharing bagaimana dalam seminggu kita dapat menulis dan menerbitkan buku.Kita mendapatkan trik –trik dari bapak Richard.Tentu saja ini buka hal yang mustahil bagi beliau. Menurut beliau, agar daat menyelesaikan buku dalam waktu seminggu maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu dengan mendisrupsi diri sendiri. Dalam menulis kita perlu menggunakan 5W1H untuk mengulas topik yang dibahas. Apabila  satu hari kita berhasil mengulas satu pertanyaan, maka pada hari keenam semuanya akan selesai dan hari ke tujuh tinggal dikoreksi
Beliau juga menyampaikan apa yang memotivasinya untuk menulis. Ternyata cita-cita itulah yang pada akhirnya membawa beliau menjadi seorang penulis. Beliau pernah bercita-cita keliling Indonesia dan luar negeri secara gratis. Melalui tulisan-tulisan itulah beliau akhirnya banyak diundang dalam berbagai seminar di berbagai tempat dan bisa keliling Indonesia dan luar negeri secara gratis.
Selama pembelajaran online, beliau juga menyampaikan bahwa menulis merupakan cara kita untuk menyampaikan buah pikiran lewat tulisan. Semua tulisan adalah baik apabila dilakukan dari hati. Kita tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan kualitas tulisan karena memang perlu proses untuk mencapai kualitas yang baik.
Pada pertengahan penyampaian materi beliau mengirimkan 3 buku karyanya yang berjudul Sistem dan Teknologi Informasi, Electric Business dan Electric Commerce.Trik yang beliau bagikan yaitu harus benar –benar mengatur waktu yang baik, bukan waktu  yang mengatur kita. Dan kita tidak menulis lebih dari 100 hari agar kita tidak berhenti di tengah jalan karena kita sering kehilangan fokus.Dan ilmu yang akan kita tulis dapat berkembang dan berganti masalah.

Terima kasih Pak Richard dan Om Jay yang sudah memotivasi dan memberikan trik – trik khusus agar kita berani menulis dan menerbitkan buku dalam waktu seminggu.
                                                                                                            Erna nuryani
                                                                                                            SDN Mendak Ponjong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar